Astra Buka E-Commerce Lewat Axiqoe.com

Grup Astra tengah  menambah gurita bisnisnya di Indonesia dengan terjun ke sektor e-Commerce. Dengan modal awal senilai Rp50 miliar, melalui PT Astra Graphia Tbk (Astra Graphia), raksasa bisnis ini bakal meluncurkan situs jual-beli Axiqoe.com.

Chief of Finance & Accounting Astra Graphia, Panji Nurfirman menilai besarnya potensi bisnis berbasis online, terutama e-Commerce, yang membuat pihaknya terpincut untuk menekuni bidang ini. Kendati demikian, Panji memilih untuk tidak terburu-buru seperti konglomerasi lain, yang telah mengambil start awal dalam industri baru itu.

Ia menilai tidak ada istilah terlambat dalam memasuki bisnis di industri yang relatif baru itu. Pasalnya, perseroan menilai pasar bisnis digital masih akan tumbuh dalam rentang waktu yang jangka panjang.

”Direksi kami bilang, go online atau go away. Kita semua tahu teknologi dunia ini berubah begitu cepat. Masih ingat ketika Nokia tiba-tiba saja digeser produk lainnya dalam sekejap. Jadi ya kita harus siap-siap,” tuturnya.

Panji mengungkapkan, sebelum benar-benar dirilis, Axiqoe.com saat ini sedang dalam proses ujicoba. Alasannya, perseroan ingin memastikan sistem dalam platform situs tersebut berjalan lancar jika nantinya diluncurkan.

“Kita perkuat dulu backbone-nya. Rencananya itu nanti akan jadi ritel channel kita yang produknya beragam,” sebut Panji.

Astra Graphia menyediakan dana sekitar Rp 50 miliar untuk menata dan memerkuat sistem e-Commerce-nya itu. Menurut Panji, modal untuk sistem memang tidak terlalu besar.

Dia mengatakan, pendanaan besar akan sangat dibutuhkan ketika akan melakukan kampanye besar-besaran terutama untuk anggaran belanja iklan. Namun, ia mengaku perencanaan tersebut belum sampai ke tahap itu.

”Kita lihat terus perkembangannya. Kami yakin pada masa mendatang kontribusinya akan signifikan terutama untuk profitabilitas Astra Graphia,” yakinnya.

Terkait konten, Panji mengaku pihak Grup Astra dan terutama produk-produk di Astra Graphia sudah melakukan pendataan. Nantinya terdapat ribuan produk yang siap menjadi etalase di Axiqoe.com.

“Axiqoe bakal menjadi brand e-Commerce Astra dan juga akan menjadi market place seperti milik konglomerasi ternama lainnya di Indonesia,” katanya.

Pasalnya, basis pelanggan Grup Astra sudah terbentuk dengan baik. Sementara, di bawah Astra Graphia saja terdapat 30 ribu pelanggan, terutama yang berkaitan dengan produk Fuji Xerox dan produk turunannya yang beragam.

Lebih lanjut, Panji mengaku Astra sudah mulai dijajaki pola belanja secara e-Commerce dengan para pelanggan untuk sekaligus memerkenalkan Axiqoe. Hal itu dilakukan meskipun sifatnya masih business to business (B to B) dan belum bisa dilakukan secara Business to Consumer (B to C).

(Visited 164 times, 1 visits today)

redaksi

www.beritasaham24.com