BRAU Berencana Beli Kembali Obligasi USD950 juta

Guna memperbaiki posisi dan struktur keuangan, Berau Coal Energy Tbk (BRAU) akan melaksanakan pembelian kembali Obligasi senilai USD950 juta, dengan cara melakukan penawaran tender kepada para pemegang obligasi untuk pembelian tunai atas Guaranteed Senior Secured Notes (Senior Notes 2015) senilai USD450 juta bunga 12,5% (telah jatuh tempo pada 8 Juli 2015) dan Guaranteed Senior Secured Notes (Senior Notes 2017) sebesar USD500 juta dengan bunga 7,25% yang jatuh tempo pada 13 Maret 2017.

Kedua Senior Notes ini diterbitkan oleh anak usaha yang seluruh saham dimiliki oleh BRAU, yaitu Berau Capital Resources Pte. Ltd. (sebelumnya Keystone Business Resources Pte. Ltd.) sebuah perusahaan yang didirikan di Singapura. Dana hasil penerbitan Senior Notes 2015 digunakan untuk membayar tagihan utang dan pembayaran pertama atas akuisisi Maple, sedangkan Senior Notes 2017 digunakan untuk membayar pinjaman bank terutang (Senior Secured Credit Facility) dan sisanya digunakan untuk belanja modal serta aktivitas operasi lainnya.

Pada saat tanggal jatuh tempo BRAU tidak dapat melunasi Senior Notes 2015, mengakibatkan Senior Notes 2017 juga dalam posisi gagal bayar sejak tanggal 8 Juli 2015. BRAU pun berupaya merestrukturisai kedua Senior Notes ini dengan opsi bantuan pendanaan dari pemegang saham mayoritas, Asia Resource Minerals plc (ARMS) (melalui Vallar Investment UK Limited). Restrukturisasi yang diajukan adalah penukaran Notes yang ada dengan Notes baru (Penukaran Notes) dengan persyaratan baru beserta ketentuan lainnya untuk Restrukturisasi.

(Visited 553 times, 1 visits today)

redaksi

www.beritasaham24.com