Harga Batu Bara November 2015 US$ 54,43 Per Ton Penetapan Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga batu bara acuan (HBA) periode November 2015 sebesar US$ 54,43 per ton. Harga tersebut lebih rendah 5,15% dibanding HBA pada Oktober yang sebesar US$ 57,39 per ton.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM Adhi Wibowo mengatakan melemahnya harga batu bara diproyeksikan terus berlangsung hingga akhir tahun. Namun, Adhi belum bisa memastikan di level berapa harga pada Desember nanti.

“HBA November US$ 54,43 per ton. Harga ini diperkirakan turun sampai Desember,” kata Adhi di Jakarta, Selasa (10/11).

Adhi menjelaskan, turunnya harga batu bara per November ini disebabkan berkurangnya permintaan global. Selain itu disebabkan oleh harga rata-rata di empat indeks yakni Indonesia Coal Index (ICI), Index Platts-59, New Castle Export Index (NEX ), dan New Castle Global Coal Index (GCNC).

“HBA kan mengacu ke empat indeks yang juga mengalami penurunan,” ujarnya.

Dikatakannya, HBA saat ini belum mencerminkan harga batu bara domestik. Pasalnya, Indonesia merupakan penghasil terbesar batu bara kalori rendah. Namun, harga batu baranya malah mengacu pada indeks pasar internasional. Oleh sebab itu, ESDM sedang memfinalisasi revisi formula HBA. Ditargetkan revisi formula itu bisa diterapkan pada Desember nanti.

 

(Visited 289 times, 1 visits today)

redaksi

www.beritasaham24.com