Konsorsium Bank BUMN Mengincar Layanan ATM Telkom

Rumor Saham, Konsorsium Bank di Indonesia, yang terdiri dari empat kreditur di bawah payung Asosiasi Bank Negara (HIMBARA), sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi penyedia layanan ATM PT Sigma Citra Caraka (LINK), sebuah anak perusahaan dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom ), yang mengoperasikan jaringan bersama anjungan tunai mandiri (ATM).

Langkah oleh bank-bank BUMN dipicu oleh kebutuhan untuk mengurangi biaya operasional dan juga memungkinkan ekspansi yang agresif.

Menurut sumber yang dekat dengan kesepakatan itu, bank-bank dalam pembicaraan dengan Telkom untuk mengakuisisi saham mayoritas di unit-nya Sigma Citra Caraka (Telkomsigma).

Konsorsium telah menunjuk Bank Mandiri untuk memilih konsultan keuangan untuk melakukan proses akusisi.

CEO Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan , konsorsium akan menunjuk penasihat keuangan untuk membantu mereka mengevaluasi nilai dari penyedia layanan. Penasihat akan ditunjuk minggu ini, ia menambahkan.

Ia mengatakan, bank-bank akan menjadi saham mayoritas di perusahaan (perusahaan ATM) dan akan membiayai kesepakatan melalui kas internal.

Ketua HIMBARA Asmawi Sjam mengatakan konsorsium pinjaman dapat menutup akuisisi tahun ini.

Anggota HIMBARA adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).

Empat bank berencana untuk meluncurkan link ATM baru, Merah Putih, pada akhir tahun ini.

Telkomsigma memiliki pengalaman di bidang teknologi informasi (TI) layanan kepada industri keuangan dan perbankan selama lebih dari 20 tahun. Ini juga mengelola sistem beralih HIMBARA ATM dengan lebih dari 22.000 ATM di seluruh Indonesia galeri.

(Visited 577 times, 1 visits today)

redaksi

www.beritasaham24.com