Pelindo II order 15.000 Tiang Beton di Laut untuk New Tanjung Priok

Untuk membangun New Tanjung Priok diperlukan pemasangan tiang beton dengan sistem precast. Tujuannya adalah agar sirkulasi air laut tetap berjalan dan meminimalkan dampak lingkungan.

“Untuk membangun precast tersebut sebagai pondasi bagunan, dibutuhkan 15.000 tiang pancang yang terbuat dari beton. Setiap 1 tiang beton panjangnya 30 meter tanpa putus, kalau disambung panjang totalnya mencapai 450 km,

Untuk mendapatkan 15.000 tiang pancang beton sepanjang 30 meter tersebut, Pelindo II bekerjasama dengan PT PP (Persero). “Tiang beton diproduksi PT PP. Begitu banyak dan panjangnya per 1 tiang, tidak bisa dibawa pakai truk karena kendala di jalan tidak mungkin membawa tiang sepanjang itu. Akhirnya PT PP harus membuat beberapa pabrik untuk memproduksi tiang pancang beton di sekitar Tanjung Priok.

Saat ini sudah 9.000 tiang pancang ditancapkan di laut dengan menghabiskan berton-ton semen cor beton. “Pamasangan tiang pancang ini rata-rata mencapai 35 titik per hari, dengan mengandalkan 7 tower crane. Kalau di lihat dari atas, ribuan tiang sudah tertancap.

Proyek New Tanjung Priok ini diinisiasi pada Juni 2010 dan telah groundbreaking pada 1 Januari 2013. Pelabuhan ini terdiri dari 2 tahap pembangunan yang secara keseluruhan terdiri dari 7 terminal peti kemas dan 2 terminal produk.

(Visited 95 times, 1 visits today)

redaksi

www.beritasaham24.com