Right Issue JSMR 2016

Rumor, Modal pemerintah akan masuk ke JSMR melalui mekanisme rights issue yang digelar tahun 2016. Dalam rencana tersebut, Jasa Marga mengajukan dana PMN sebesar Rp 1,25 triliun.

Adapun kepemilikan saham pemerintah di Jasa Marga sebesar 70% dan sisanya milik publik. Dengan demikian, total nilai emisi rights issue Jasa Marga mencapai sekitar Rp 1,78 triliun.

Adityawarman, Direktur Jasa Marga menuturkan, dana hasil rights issue ini merupakan bagian capex tahun depan. Jasa Marga kini tengah mengikuti sejumlah tender proyek jalan tol.

Berkaca dari pengalaman PT Waskita Karya Tbk (WSKT), ada kemungkinan Jasa Marga akan mendapatkan suntikan modal pada kuartal II 2016. Sementara, konsesi jalan tol baru diharapkan bakal di umumkan pada kuartal I 2016.

Jasa Marga memiliki 26 konsesi jalan tol dalam pengoperasian dan tahap pembangunan dengan panjang total 968 km. Tiga konsesi jalan tol baru yang telah diakuisisi adalah Solo – Ngawi, Ngawi – Kertasono dan Cinere – Serpong.

JSMR juga menang di konsesi jalan tol Kualanamu di Sumatera Utara. JSMR sedang terlibat dalam tender lima konsesi jalan tol baru, yaitu Pandaan – Malang, Semarang–Batang, Balikpapan–Samarinda, Manado – Bitung dan Cikampek II.

Dari total 937 km panjang jalan tol di Indonesia yang sudah beroperasi hingga akhir Juni, Jasa Marga menguasai 63% atu 590 km. Liga melanjutkan, dengan memenangkan tender konsensi jalan tol baru, ruas jalan Jasa Marga bakal bertambah.

Sejumlah analis memprediksi pendapatan Jasa Marga tahun ini sebesar Rp 9,42 triliun, tumbuh 2,63% dibandingkan tahun lalu. Kemudian tahun depan pendapatan sekitar Rp 10,72 triliun, tumbuh 13,99% dibandingkan tahun sebelumnya.

 

(Visited 580 times, 1 visits today)

redaksi

www.beritasaham24.com