Saham KREN Naik Lebih dari 3x dalam 2 Bulan

Saham PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN) naik sangat drastis di tengah ketidakpastian harga saham perusahaan lainnya di bursa efek. Sepanjang 2015 saja, harga saham KREN telah naik 262,14 persen atau lebih dari tiga kali lipat.

Kondisi ini berbeda sekali dibanding perusahaan jasa investasi lainnya, seperti PT Panin Sekuritas Tbk (PANS), PT Trimegah Securities Tbk (TRIM) atau pun PT Minna Padi Investama Tbk (PADI). Harga saham ketiga kompetitor dalam bidang investasi ini relatif datar (flat). Bahkan, harga saham TRIM masih tetap stagnan di level Rp50-an per saham.

Harga saham KREN mulai bergerak naik pada 30 Juni 2015. Tampaknya fokus bisnis perusahaan yang berubah menjadi perusahaan induk (holding company) menjadi pemicunya. Dalam RUPS tahunan pada Juni, manajemen KREN mengungkapkan perseroan akan menjadi holding company investasi yang terdiversifikasi atas banyak sektor.

Sementara, seluruh aktivitas jasa keuangan yang selama ini dioperasikan oleh KREN dialihkan kepada anak usaha, yaitu PT Kresna Securities dan PT Kresna Asset Management.

Manajemen KREN tampaknya yakin untuk memasuki bisnis start-up (perusahaan rintisan). Sebagai tahap awal, KREN mulai mengakuisisi tiga perusahaan start-up, PT Indonesia Persada Gemilang—pemilik saham PT Digital Artha Media yang bergerak di bidang e-payment.

KREN juga mulai menjajaki untuk mengakusisi dua perusahaan e-commerce lainnya dari Singapura, yaitu MDAQ dan DominoPos.

(Visited 161 times, 1 visits today)

redaksi

www.beritasaham24.com