Saham PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP) Volume Perdagangan Terbesar 2 September 2015

Saham PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP) mencetak volume perdagangan terbesar di pasar regular hari ini, Selasa 1 September 2015. Transaksi saham SIAP ramai juga di pasar negosiasi.

Volume perdagangan SIAP di pasar reguler mencapai 540 juta lembar, jauh di atas volume perdagangan saham-saham lainnya, berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI). Transaksi di pasar negosiasi juga tinggi dengan volume perdagangan mencapai sekitar 520 juta lembar.

Yang menarik beberapa broker penjual terbesar saham SIAP di pasar reguler juga pembeli terbesar di pasar negosiasi. Begitu pula sebaliknya, broker yang menjadi pembeli terbesar di pasar regular adalah penjual terbesar di pasar negosiasi.

PT Danareksa Sekuritas (OD), misalnya menjadi salah satu pembeli terbesar saham SIAP di pasar negosiasi dengan memborong 49,7 juta saham senilai Rp9,4 miliar. Harga pembelian oleh OD rata-rata Rp186,1 per saham.

Tapi OD juga tercatat sebagai penjual terbesar saham SIAP di pasar reguler, dengan melakukan aksi jual sebanyak 100 juta lembar senilai Rp18,6 miliar. Harga rata-rata penjualan oleh OD Rp184,6 per saham.

Tidak hanya OD, di pasar negosiasi PT Valbury Asia Securities (CP) bahkan melakukan pembelian sebanyak 85,7 juta saham SIAP senilai Rp15 miliar, pada harga rata-rata Rp175 per saham. Sementara  PT Reliance Securities (LS) melakukan pembelian 27,7  juta saham SIAP senilai Rp5 miliar, pada harga rata-rata Rp177,4 per saham.

Namun, di pasar reguler CP menjadi penjual terbesar kedua saham SIAP, dengan melepas 83,1 juta saham senilai Rp15,4 miliar atau pada harga rata-rata Rp184 per saham. Adapun LS menjual 27,6 juta saham SIAP di pasar regular pada harga rata-rata Rp181 per saham, dengan nilai transaksi Rp5 miliar.

Perbedaan antara pasar reguler dan pasar negosiasi terletak pada metode transaksinya. Pasar reguler merupakan transaksi biasa di BEI mengikuti mekanisme yang sesuai dengan aturan bursa.
Sementara di pasar negosiasi kita bisa menentukan kepada siapa melakukan transaksi. Harganya juga boleh tidak sama dengan harga saham di pasar reguler karena hanya berdasarkan kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Secara keseluruhan, broker yang paling banyak menjual SIAP di pasar negosiasi adalah Sucorinvest Central Gani (AZ). Harga rata-rata penjualannya Rp179,3 per saham dengan total transaksi Rp15 miliar.

Namun, AZ juga menjadi pembeli terbesar di pasar regular dengan memborong 110 juta lembar saham SIAP pada harga rata-rata Rp183,3 per saham. Nilai transaksinya mencapai Rp19,8 miliar.

Sementara Equity Securities (BS) juga salah satu penjual terbesar saham SIAP lainnya di pasar negosiasi. BS menjual 43,9 juta lembar saham SIAP senilai Rp8 miliar pada harga rata-rata Rp182 per saham. BS juga tercatat menjadi salah satu pembeli terbesar di pasar regular dengan memborong 43,4 juta saham SIAP pada harga rata-rata Rp183,9 per saham. Nilai pembelian oleh BS mencapai Rp8 miliar.

NH Korindo Securities (XA) juga tercatat sebagai salah satu penjual terbesar SIAP di pasar negosiasi, dengan menjual 28,5 juta lembar senilai Rp5 miliar. XA juga menjadi pembeli terbesar kedua di pasar reguler dengan memborong 54,3 juta saham SIAP senilai Rp9,9 miliar

Hingga penutupan perdagangan hari ini di pasar reguler, harga saham SIAP ditutup naik 3,4 persen menjadi Rp185 per saham.

(Visited 3,256 times, 1 visits today)

redaksi

www.beritasaham24.com