Siapa Dalang Dibalik Saham SIAP (bagian 1)

Siapa bandar yang berada di balik saham SIAP ? Banyak sekali investor berusaha mencari tahu siapa sosok yang menggerakan saham ini. Mengingat banyak investor retail yang nyangkut di saham ini. Berikut penelusuran yang dihimpun dari berbagai sumber.

Penelusuran awal kami di mulai data dari bloomberg. Dimana informasi awal yang tercatat di bloomberg menyebutkan :

PT Sekawan Intipratama Tbk is principally engaged in the production of nonwoven products. The Company caters such products to categories that include fancy, agriculture, building construction, bedding industries, and inflight supplies.

  • Rennier Latief
    President Commissioner
  • Muhammad Suluhuddin Noor
    President Director
  • Jeffrey Messakh
    Director:Finance
  • Gautam Kunzru
    Director
  • Agustanzil Sjahroezah
    Director
  •  Herry Priambodo
    Secretary
  • Rennier Latief
    Sekawan Intipratama Tbk PT
  • Chandra Purwanto
    Sekawan Intipratama Tbk PT
  • Erry Firmansyah
    Sekawan Intipratama Tbk PT
  • Yuli Sudargo

 

ADDRESS
Raya Sidorejo Km 25, Krian
Dusun Patoman, Desa Keboharan
Sidoarjo, 61262
Indonesia
WEBSITE
www.sekawan.co.id

Setelah kami telusuri ternyata alamat diatas sudah bukan merupakan alamat PT Sekawan Intipratama Tbk. Alamat diatas merupakan PT. Javas Langgeng. Yang telah berganti nama. Perusahaan masih beroperasi normal dan bergerak di bidang flower wrapping,fancy fabric,heigard,heigrow,arm sling,face mask. Jumlah karyawan yang tercatat 1000 orang.

Demikian halnya dengan website sekawan.co.id yang tidak bisa lagi di akses. Dan dipindahkan www.siaptbk.com. Untuk website PT Javas Langgeng telah berubah di www.javaslanggeng.com.

Perusahaan yang sebelumnya bergerak di nonwoven converter, namun pada tahun 2014 lalu tiba-tiba berpindah ke industri pertambangan batubara. Perubahan bidang usaha ini memang bukanlah sesuatu yang baru di market, ada puluhan perusahaan yang melakukan langkah serupa, bahkan BUMI juga sebelumnya bergerak di bisnis perhotelan. Dan anehnya meskipun perusahaan berpindah industri namun industri asalnya ternyata tetap eksis meskipun sudah berganti nama atau pemilik.  Namun sama seperti cerita saham BUMI saham-saham melakukan manuver seperti ini umumnya tidak memiliki akhir yang baik bagi investor yang memilikinya.

PERGERAKAN SAHAM SIAP

SIAP

sumber : Creative Trading System

Sejak IPO saham ini bisa dibilang tidak pernah liquid dan tidak diminati oleh investor,  namun kondisi tersebut berubah sejak bulan Juli 2014 dimana perusahaan ini memutuskan untuk Right Issue untuk berpindah haluan bisnis ke saham batubara. Sahamnya bukan hanya naik dari 100an ke 400an namun volume perdagangannya juga naik dari kurang dari 1M sehari sampai ke 250M sehari. Walaupun seperti kita ketahui saat ini harganya kembali ke bawah 100, dan sahamnya di suspend.

Setelah kejatuhan sahamnya, dan di suspend ada banyak berita yang beredar di market, yang paling banyak dikedepankan adalah kasus REPO dan gagal bayar, transaksi semu dan  tentunya ada juga berita 3 sekuritas yang dituduh sebagai aktor yang menggoreng saham ini, namun ironisya mereka bukannya untung malah konon mengalami kerugian sampai puluhan rupiah karena saham SIAP ini. Dari banyak informasi yang beredar kita tidak dapat memahami sepenuhnya apa yang sebenarnya terjadi di saham ini.

 

 

 

Bersambung … bagian 2

(Visited 123,038 times, 1 visits today)

redaksi

www.beritasaham24.com