Transaksi Penjualan Kapal SHIP 2017

PT Sillo Maritime Perdana Tbk (SHIP) dan PT GHS Maritim Indonesia telah menandatangani perjanjian jual beli kapal, pada 17 Juli 2017.

Berdasar publikasi resmi melalui keterbukaan informasi BEI, Kamis (28/9), obyek transaksi adalah satu unit kapal motor Laksmini atas nama Sillo

SHIP setuju untuk menjual kapal dengan harga Rp16,795 miliar, dengan termin pembayaran di mana pembayaran awal maksimal dilakukan dua hari setelah tanggal penandatanganan perjanjian jual beli Rp1,250 miliar dan pelunasan pada saat penandatanganan akta jual beli sebesar Rp15,545 miliar.

Saat ini, kapal tersebut tengah disewakan oleh perseroan kepada Petrochina International Jabung Ltd dan dengan dialihkannya kapal berdasarkan perjanjian, GHS sepakat untuk menyewakan kapal tersebut kepada perseroan, di mana transaksi sewa menyewa tersebut merupakan transaksi atau kegiatan usaha utama perseroan dalam bidang usaha pelayaran.

Transaksi jual beli meruapkan transaksi afiliasi dan tidak mengandung benturan kepentingan. Nilai jual kapal sebesar Rp16,795 miliar atau ekuivalen dengan US$1,2 juta merupakan 2,53% dari ekuitas perseroan yang berdasarkan laporan keuangan konsolidasi per 31 Desember 2017 sebesar US$49,331 juta.

Terdapat persamaan kepemilikan atau pemegang saham yang sama antara perseroan dan GHS, yakni PT Goldenheaven Prima Investama (GPI), di mana GPI merupakan pemegang saham perseroan sebanyak 40% dan GPI juga merupakan pemegang saham GHS sebanyak 99%.

Dengan penjualan ini bisa jadi menguntungkan pihak GPI dimana aset tersebut telah berpindah tangan dari SHIP menjadi milik PT GPI. Para pemegang sahamĀ perlu mencermati penjualan aset tersebut.

(Visited 14 times, 1 visits today)

redaksi

www.beritasaham24.com